Aktivitas Kemah Budaya Kaum Muda 2023

Halo, Sobat Budaya!

Kegiatan KBKM 2023 akan berlangsung selama 5 bulan, dimulai sejak Agustus-Desember 2023. Setelah proses seleksi selesai, Sahabat Muda akan tergabung ke dalam kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia. Bagi Sahabat Muda yang terpilih akan mendapatkan Pelatihan Daring dan Residensi (belajar di lapangan) dengan 10 Learning Outcome  yang berfokus pada bidang kebudayaan, pengembangan aplikasi, dan  pengembangan purwarupa.

Penasaran dengan detail rangkaian kegiatan KBKM 2023? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

Pelatihan Daring (Agustus-Oktober)
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sahabat Muda akan terbagi ke dalam suatu kelompok dan mendapatkan Pelatihan Daring dari 10 Learning Outcome (materi). Singkatnya, proses pelatihan ini adalah untuk pembekalan materi sebelum kalian terjun ke residensi di Belitung Timur. Pembekalan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang kebudayaan, pengembangan aplikasi, dan pengembangan purwarupa kepada Sahabat Muda yang terpilih. Dengan begitu, ketika teman-teman melakukan residensi dapat mengaplikasikan ide ke sebuah karya yang lebih matang. Jangan khawatir, para Pengajar KBKM terdiri dari akademisi dan praktisi yang cakap di bidangnya masing-masing sehingga kalian mendapatkan pengetahuan-ilmu yang bermanfaat. 
Pelatihan daring ini dirancang khusus untuk menambah wawasanmu di bidang aplikasi dan purwarupa. Bagi peserta yang mendaftar di bidang aplikasi akan mendapatkan 7 materi berupa:

  1. Design Thinking
  2. Inovasi Produk Berbasis Fitur Kebudayaan
  3. Manajemen Proyek
  4. Studi Kelayakan Produk
  5. Rekayasa Piranti Lunak untuk Pemajuan Kebudayaan
  6. Dasar Desain UI/UX
  7. Eksplorasi Teknologi Cloud

Sedangkan, peserta yang mendaftar di bidang purwarupa akan mendapatkan 7 materi, ialah:

  1. Design Thinking
  2. Inovasi Produk Berbasis Fitur Kebudayaan
  3. Manajemen Proyek
  4. Studi Kelayakan Produk
  5. Perencanaan Model Bisnis
  6. Eksplorasi Material dan Pembuatan Model
  7. Pengembangan Desain Produk Berbasis Budaya


Residensi (Oktober-November)
Setelah Sahabat Muda mendapatkan pembekalan materi secara daring, kalian akan diberikan kesempatan belajar dan tinggal di lapangan yang sudah ditentukan oleh panitia. Teknisnya, setiap kelompok akan disebar di beberapa titik lokasi yang terdapat di Belitung Timur.  Ketika residensi ini, kalian akan didampingi oleh mentor substansi dan mentor setempat (lokal). 
Pada tahap ini, Sahabat Muda akan bertemu langsung dengan masyarakat di sana sehingga diharapkan dapat memecahkan masalah yang terjadi di lokasi yang kalian pelajari. Kalian juga tidak boleh luput dengan tugas utama dalam KBKM ini karena pada akhir kegiatan residensi hasil karya para peserta akan dinilai oleh panitia seleksi. Bagi karya Sahabat Muda yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karya/proyeknya dengan bantuan dari Kemdikbudristek.

Pelatihan Daring/Evaluasi (November-Desember)
Memasuki kegiatan terakhir setelah para peserta KBKM residensi, kalian akan kembali mendapatkan pelatihan daring. Pelatihan daring pada sesi ini berbeda karena lebih mengarah ke dalam bentuk evaluasi peserta. Evaluasi yang akan terima nanti adalah sebagai upaya karya/proyek yang akan kalian buat nanti dapat lebih baik.
Tidak menutup kemungkinan kalian akan kembali mendapatkan materi. Hal itu kembali pada karya/proyek yang kalian akan buat nanti karena terdapat beberapa materi di dalam Learning Office yang baru dapat kalian jalankan setelah residensi.

Hal yang tidak boleh luput dikerjakan oleh peserta KBKM 2023 adalah membuat laporan (harian, mingguan, mid-semester, akhir). Selain itu, peserta juga akan ada sharing session mingguan.

Menarik bukan, KBKM 2023? Segera daftarkan diri kalian di KBKM 2023! Ikuti KBKM dan bersama majukan kebudayaan Indonesia.

Berita Terkait

Aktivitas Kemah Budaya Kaum Muda 2023

Halo, Sobat Budaya! Kegiatan KBKM 2023 akan berlangsung selama 5 bulan, dimul...

PANDUAN PENDAFTARAN KBKM 2023

Halo, Sobat Budaya! Pendaftaran Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) kembali dibuka....

Pengumuman Peserta Regional

Berikut pengumuman penetapan peserta yang berhasil lolos ke Tahap Regional KBKM ...