kbkm

Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) adalah platform kerja budaya bagi anak-anak muda (18 – 25 tahun) yang tertarik dan merasa tertantang untuk menciptakan aplikasi dan prakarya yang dapat menjawab berbagai masalah dalam pemajuan kebudayaan melalui pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)

KBKM menjadi ruang inkubator yang mewadahi inisiatif kaum muda dalam menciptakan aplikasi dan prakarya serta menjadi jembatan yang mempertemukan antara gagasan dengan eksperimentasi di bidang STEAM. KBKM

mendorong para peserta agar karyanya dapat terus berlanjut dan berdampak luas sehingga mampu menjadi solusi untuk permasalahan sosial di tengah masyarakat. Peserta yang berasal dari latar belakang yang beragam menjadikan KBKM sebagai ruang kerja bersama dengan corak gotong-royong untuk mendorong pemajuan kebudayaan

about-illutration

Inspirasi KBKM

Contoh Purwarupa


Tenaga Angin

Pembangkit Listrik
Tenaga Angin

Purwarupa pembangkit listrik tenaga angin untuk memenuhi kebutuhan listrik di desa.

Jembatan

Jembatan

Maket jembatan yang memanfaatkan material dan teknologi tradisional sebagai bendungan sekaligus jembatan.

Tenaga Angin

Bangunan

Rancangan rumah yang tahan bencana gempa berdasarkan khazanah arsitektur tradisional.



Contoh Aplikasi


 Software

Fulfilment Software

Fulfilment software untuk masalah rantai suplai rempah dari desa ke kota.

Desa

IoT Desa

Aplikasi Internet of Things yang dapat membantu warga desa untuk mengelola irigasi tradisional.

Daw desa

DAW Desa

Digital Audio Workstation yang bisa menghubungkan musisi-musisi tradisi di desa.

Kisah Pemenang dan Residensi KBKM


Pengarah


Sekretariat