Inovasi Keren Mulai Dari Desa

Anak Muda! Temukan ide kreatifmu, ciptakan inovasi mu.

Nah, bicara soal desa, kali ini mas Budiman ngobrol banyak banget di podcast KBKM ini. Seperti yang kita tahu, mas Budiman adalah sosok di balik hadirnya gagasan Inovator 4.0, dan juga adalah seorang pegiat desa. Sejurus dengan itu, ada Cania Citta juga yang ngobrol banyak mengenai kerangka Critical Thinking anak muda.

Perbedaan antara kota dan desa sebenarnya terletak pada fasilitas, modal, akses sains dan teknologi, namun akses pengetahuan dan pendidikan di desa sama banyaknya dengan yang ada di kota.

Kebanyakan masalah yang dihadapi orang di desa ialah karena keterbatasan akses ruang, sumber daya alam, infrastruktur, dana, data, komunitas dan kekuasaan. Dalam berinovasi tidak hanya berbicara tentang teknologi saja, inovasi juga bisa berupa bagaimana membangun sebuah kelembagaan sosial dan lainnya.

Inovasi di desa tidak hanya dari luar, tetapi di desa sendiri sudah punya beberapa langkah dalam melakukan inovasi yang tidak pernah terdata. Dalam memajukan perkembangan desa diperlukan inovasi dari kaum muda, tetapi tidak hanya inovasi tapi juga inovatif.

Desa dekat dengan sumber daya alam untuk memperbarui hidup terus menerus, kita harus menemukan titik tengan yang memadukan antara kearifan budaya desa dengan inovasi-inovasi dalam bentuk teknologi maupun non teknologi. 

Berita Terkait

Aktivitas Kemah Budaya Kaum Muda 2023

Halo, Sobat Budaya! Kegiatan KBKM 2023 akan berlangsung selama 5 bulan, dimul...

PANDUAN PENDAFTARAN KBKM 2023

Halo, Sobat Budaya! Pendaftaran Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) kembali dibuka....

Pengumuman Peserta Regional

Berikut pengumuman penetapan peserta yang berhasil lolos ke Tahap Regional KBKM ...